Minggu, 12 Agustus 2012

Udara (air)


Udara (air)
Udara (air) adalah suatu campuran gas-gas yang membentang  sekitar 50km (ketinggian) di sekeliling bumi. Gas-gas tersebut terutama adalah nitrogen (78%), oksigen (21%) dan karbondioksida (0.03%)

Tekanan Udara (air pressure)
Tekanan Udara (air pressure) atau tekanan atmosfer adalah tekanan udara pada sekelilingnya. Tekanan udara diukur dengan sebuah barometer yang dinyatakan dalam satuan kilopascal (kPa) dan hektopascal (kPa), milibar (mB) dan milimeter air raksa (mmHg). Tekanan udara diukur dengan menggunakan barometer aneroid.

Tekanan udara dan cuaca
Tekanan udara terdiri dari sistem tekanan udara tinggi (high pressure system) dan sistem tekanan udara rendah (low pressure system). Sistem tekanan udara tinggi (high pressure system) sering membawa cuara cerah dan baik. Di belahan bumi selatan, udara menjauh dari daerah tekanan udara tinggi pada arah berlawanan jarum jam.   Sistem tekanan udara rendah (low pressure system) sering menunjukkan cuaca, hujan, dan badai yang selalu berubah posisinya. Pada belahan
Bumi selatan, udara bergerak ke dalam daerah tekanan rendah searah jarum jam.

Hambatan udara
Hambatan udara (air resistance) terjadi saat udara memperlambat gerakan sebuah benda. Pesawat terbang, mobil balap dan burung memiliki bentuk bodi yang efesien untuk mengurangi hambatan udara. Parasut menggunakan hambatan udara guna memperlambat gerakan.

Arus udara global (global air currents)
Arus udara global (global air currents) terjadi ketika udara bergerak sepanjang permukaan Bumi dari kutub menuju ekuator. Tanah panas di ekuator memanaskan udara sehingga naik. Udara panas ini bergerak di atas tanah kembali ke kutub. Arus udara ini berbelok ke barat karena rotasi Bumi.
(Dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: