Senin, 08 Oktober 2012

Pawang Geni

Pawang Geni, alat pemadam kebakaran sederhana dioperasikan secara manual, merupakan hasil karya Sri Utomo (57), warga Sudiroprajan, Jebres, Surakarta. Alat tersebut sudah diperkenalkan Wali Kota Solo Joko Widodo kepada warga Ibu Kota dalam kapasitas sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.
Penemu Pawang Geni Sri Utomo bekerjasama dengan SMK Kristen 2 untuk pembuatan satu unit pawang geni versi baru yang sudah disempurnakan.
Pawang geni adalah alat yang terdiri dari tong berkapasitas 200 liter yang diletakkan di atas besi beroda (troli), dilengkapi pompa manual, reservoir, selang sepanjang 10 meter dan alat penyemprot seperti milik mobil pemadam kebakaran. Dengan lebar 80 cm dan tinggi 1,5 m alat tersebut cocok untuk mengatasi kebakaran di kampung padat penduduk yang memilki gang atau jalan masuk sempit.




Kamis (4/10), Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) meninjau pembuatan prototipe alat pemadam yang cocok untuk mengatasi kebakaran di kampung padat penduduk tersebut di SMK Kristen 2 Surakarta.

Tidak ada komentar: