Kamis, 20 Maret 2014

Apa ya fungsi EM4 serta manfaatnya dalam pengomposan dan pengertian nyaaa...?


EM merupakan campuran  dari mikroorganisme  bermanfaat yang terdiri  dari lima kelompok, 10  Genius 80 Spesies dan  setelah di lahan menjadi  125 Spesies.
EM berupa  larutan coklat dengan pH  3,5-4,0. Terdiri dari  mikroorganisme Aerob  dan anaerob. Meski  berbeda, dalam tanah  memberikan multiple  efect yang secara  dramatis meningkatkan  mikro flora tanah.
Bahan  terlarut seperti asam  amino, sacharida, alkohol  dapat diserap langsung  oleh akar tanaman.  Kandungan EM terdiri  dari bakteri fotosintetik,  bakteri asam laktat,  actinomicetes, ragi dan  jamur fermentasi.

Bakteri fotosintetik  membentuk zat-zat  bermanfaat yang  menghasilkan asam  amino, asam nukleat dan  zat-zat bioaktif yang  berasal dari gas  berbahaya dan berfungsi  untuk mengikat nitrogen  dari udara. Bakteri asam  laktat berfungsi untuk  fermentasi bahan  organik jadi asam laktat,  percepat perombakan  bahan organik, lignin dan  cellulose, dan menekan  pathogen dengan asam  laktat yang dihasilkan.  Actinomicetes  menghasilkan zat anti  mikroba dari asam amino  yang dihasilkan bakteri  fotosintetik. Ragi  menghasilkan zat anti  biotik, menghasilkan  enzim dan hormon,  sekresi ragi menjadi  substrat untuk  mikroorganisme effektif  bakteri asam laktat  actinomicetes.  Cendawan fermentasi  mampu mengurai bahan  organik secara cepat  yang menghasilkan  alkohol ester anti  mikroba, menghilangkan  bau busuk, mencegah  serangga dan ulat  merugikan dengan  menghilangkan pakan.

Fungsi EM untuk  mengaktifkan bakteri  pelarut, meningkatkan  kandungan humus  tanahlactobonillus  sehingga mampu  memfermentasikan  bahan organik menjadi  asam amino. Bila  disemprotkan di daun  mampu meningkatkan  jumlah klorofil,  fotosintesis meningkat  dan percepat  kematangan buah dan  mengurangi buah busuk.  Juga berfungsi untuk  mengikat nitrogen dari  udara, menghasilkan  senyawa yang berfunsi  antioksidan, menekan  bau limbah,  menggemburkan tanah,  meningkatkan daya  dukung lahan,  meningkatkan cita rasa  produksi pangan,  perpanjang daya simpan  produksi pertanian,  meningkatkan kualitas  daging, meningkatkan  kualitas air dan  mengurangi molaritas  Benur.

Jenis-jenis EM yang ada  seperti EM1 yang berupa  media padat berbentuk  butiran yang  mengandung 90%  actinomicetes. Berfungsi  untuk mempercepat  proses pembentukan  kompos dalam tanah.

EM2 terdiri dari 80  species yang disusun  berdasarkan  perbandingan tertentu.  Berbentuk kultur dalam  kaldu ikan dengan pH  8,5. dalam tanah  mengeluarkan antibiotik  untuk menekan patogen.

EM3 terdiri dari 95%  bakteri fotosintetik  dengan pH 8,5 dalam  kaldu ikan yang  berfungsi membantu  tugas EM2. Sakarida dan  asam amino disintesa  oleh bakteri fotosintetik  sehingga secara langsung  dapat diserap tanaman.

EM4 terdiri dari 95%  lactobacillus yang  berfungsi menguraikan  bahan organik tanpa  menimbulkan panas  tinggi karena  mikroorganisme anaerob  bekerja dengan  kekuatan enzim.


Source: http://www.wattpad.com/311953-menakar-komposisi-kandungan-em4

EM4 Untuk Pertanian
Pemberian bahan organic ke dalam tanah tanpa inokulasi EM-4 Pertanian akan menyebabkan pembusukan bahan organic yang terkadang akan menghasilkan unsur anorganic sehingga akan menghasilkan panas dan gas beracun yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Selain mendekomposisi bahan organic di dalam tanah, EM-4 Pertanian juga merangsang perkembangan mikroorganisme lainnya yang menguntungkan untuk pertumbuhan tanaman, misalnya bakteri pengikat nitrogen, bakteri pelarut fosfat dan mikoriza. Mikoriza membantu tumbuhan menyerap fosfat di sekilingnya. Ion fosfat dalam tanah yang sulit bergerak menyebabkan tanah kekurangan fosfat. Dengan EM-4 Pertanian hife mikoriza dapat meluas dari misellium dan memindahkan fosfat secara langsung kepada inang dan mikroorganisme yang bersifat antagonis terhadap tanaman. EM-4 Pertanian juga melindungi tanaman dari serangan penyakit karena sifat antagonisnya terhadap pathogen yang dapat menekan jumlah pathogen di dalam tanah atau pada tubuh tanaman.

Kode : EM4
Kategori : Pupuk Organik
Klasifikasi : Pertanian
Kegunaan :
Manfaat EM-4 Pertanian

- Memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.
- Meningkatkan produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi.
- Memfermentasi dan mendekomposisi bahan organik tanah dengan cepat (Bokashi).
- Menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman.
- Meningkatkan keragaman mikroba yang menguntungkan di dalam tanah.

Komposisi :
100% Microorganisms
http://pakoles.com/


Tambahkan komentar kamu!

Tidak ada komentar: