Selasa, 04 Maret 2014

Coba kiat ini agar tetap semangat saat lembur


Merdeka.com - Lembur. Bagi kebanyakan orang mungkin kata ini terdengar menyebalkan. Selain menyita waktu luang sehabis kerja, lembur juga berpotensi membuat pikiran overload. Jika dikerjakan terus-menerus tubuh jadi kelelahan, rentan terhadap penyakit. Depresi pun mengintai kesehatan mental. Tetapi bagaimanapun juga lembur adalah tugas yang menjadi bagian tak terpisahkan dari tugas. Suka atau tidak Anda harus menghadapinya. Karena itu akan terasa lebih ringan jika Anda melakukannya dengan semangat. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips seru berikut.

1. Dengarkan musik yang sesuai dengan mood

Cobalah untuk mendengarkan musik selagi bekerja. Musik ternyata mampu meredakan stres. Buktinya sekarang ini mulai marak terapi musik untuk perawatan bagi penderita depresi akut. Menurut British Journal of Psychiatry pasien yang menerima terapi tersebut menunjukkan perkembangan yang jauh lebih baik daripada pasien yang tidak diberikan terapi musik. 

Sebelum lembur, buatlah playlist berisi lagu-lagu kesukaan Anda. Pilihlah yang bisa membangkitkan semangat atau yang bisa membuat Anda merasa tenang. Jangan mencoba mendengarkan lagu yang melankolis atau membangkitkan amarah pada saat mood Anda sedang buruk.

2. Siapkan makanan

Walaupun sedang sibuk-sibuknya, Anda tak boleh melupakan asupan nutrisi untuk tubuh. Tetap makan dengan teratur akan membuat Anda lebih berenergi dan mudah berkonsentrasi. Siapkan makanan yang membuat Anda berselera. 

Jika bisa, batasi konsumsi makanan cepat saji saat sedang lembur. Pilihlah makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging tanpa lemak dan kacang-kacangan. Menurut WebMD protein mengandung banyak asam amino tyrosine yang dapat memicu dopamine dan norepinephrine di otak. Kedua unsur ini dapat meningkatkan konsentrasi Anda. Karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh dan oatmeal cookies juga bisa dijadikan pilihan, karena tipe karbohidrat seperti ini dapat membantu pikiran untuk lebih rileks.

3. Temukan hal menyenangkan saat lembur

Carilah hal-hal yang bisa membuat Anda merasa senang saat lembur. Teman lembur yang sedap dipandang? Boleh-boleh saja. Tak ada salahnya menjadikan rekan sekantor yang menarik sebagai penyemangat saat bekerja sampai larut malam.

4. Berbuat kebaikan

Percaya atau tidak, menurut The Journal of Alternative & Complementary Medicine berbuat tiga kebaikan dalam sehari bisa menurunkan gejala depresi sampai 94 persen. Lakukan kebaikan-kebaikan kecil kepada orang-orang di lingkungan kerja Anda. Entah itu membantu mengambilkan barang yang jatuh atau sekadar tersenyum. Hal itu akan membuat Anda merasa lebih baik. Jika mood sudah baik, pastinya Anda bisa menjalankan pekerjaan dengan semangat.

5. Ingat-ingat reward

Jika Anda tak mampu menemukan hal-hal yang bisa memicu semangat saat lembur, ingat saja uang lembur yang akan Anda dapatkan bulan depan dan hal menyenangkan apa saja yang bisa Anda lakukan dengan rupiah-rupiah tersebut. Biasanya reward ini tak pernah gagal membuat karyawan seperti apapun bertahan lembur.

6. Istirahat sejenak

Sempatkan untuk beristirahat selama beberapa menit setiap satu jam sekali. Manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal kecil tetapi menyenangkan seperti bercanda dengan rekan sekantor atau sekedar ngopi. 

Jangan lupa untuk melakukan peregangan ringan. Berjalan kaki ke pantry saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat peredaran darah lancar dan menyegarkan kembali otak yang penat.

Itulah enam kiat yang bisa diterapkan untuk menjadikan Anda tetap semangat meskipun haru lembur hingga larut malam. Walaupun begitu, tetap batasi jumlah jam lembur Anda, karena lembur secara berlebihan bisa membahayakan bagi kesehatan Anda. Selamat lembur.

sumber: http://www.merdeka.com/gaya/
Tambahkan komentar kamu!

Tidak ada komentar: