Selasa, 23 April 2013

Ciptakanlah Kantor "Hijau"


Jakarta, GATRAnews - Setiap orang bisa berpartisipasi untuk membuat kantor hijau (green office) alias kantor yang ramah lingkungan, pada Hari Bumi 2013. Green office adalah sebuah konsep kantor hijau yang mengikuti kaidah-kaidah etika lingkungan.
Green Office merupakan perubahan perilaku karyawan yang berpikir tentang kesadaran lingkungan, seperti meminimalkan penggunaan AC, memakai kertas bolak balik, mendaur ulang kertas, meminimalkan pemakaian tisu, dan sebagainya. Green office menjadi wahana baru terhadap perubahan harapan manusia dalam pengelolaan lingkungan di kawasan perkotaan.
Apakah saja yang dapat dilakukan para pekerja kantoran yang sadar lingkungan untuk membuat kantor mereka lebih hijau?
Berikut ini 10 tips menciptakan kantor hijau versi CA Technologies, sebuah perusahaan penyedia solusi manajemen TI, dalam siaran pers yang diterima GATRAnews, Selasa (23/4), di Jakarta.
1.Tahukah Anda bahwa produk elektronik dalam keadaan standby masih mengonsumsi daya listrik? Untuk menghemat energi, matikan power utama pada produk elektronik Anda.
2.Penggunaan kertas di Asia mencapai 44 persen, atau hampir setengah dari konsumsi dunia. Cobalah metode paperless dengan menggunakan tablet untuk meminimalkan pencetakan. Jika Anda benar-benar perlu mencetak, ingatlah, untuk mencetak di kedua sisi dan mendaur ulang kertas Anda. Berbicara tentang pencetakan, tahukah Anda bahwa mencetak dengan font ramah lingkungan dapat menghemat biaya cetak hingga 31 persen? Karena tinta yang digunakan lebih sedikit. Pilihlah font yang ramah lingkungan, seperti Century Gothic dan Times New Roman dengan ukuran kecil, jika Anda perlu mencetak untuk kebutuhan Anda sendiri.
3.Tahukah Anda bahwa bahwa energi yang dihemat dari daur ulang sebuah kaleng aluminium cukup untuk menyalakan sebuah TV selama tiga jam, dibanding membuat sebuah kaleng aluminium dari bahan mentah. Pertimbangkanlah untuk mendaur ulang kaleng minuman Anda, bukan membuangnya, saat Anda berada di kantor nanti.
4.Tahukah Anda bahwa penyejuk udara mengonsumsi sebagian besar penggunaan listrik di gedung perkantoran dan rumah tinggal? Sebagai contoh, pendingin udara menyumbang 60 persen dari tagihan listrik di gedung-gedung di Singapura. Untuk lebih hijau, aturlah suhu AC di kantor Anda pada suhu optimal 25°C, karena setiap penurunan satu derajat akan menambah biaya operasional sekitar 10 persen dengan konsumsi energi yang lebih tinggi.
5.Setiap tahun, sekitar 3,8 juta pohon ditebang untuk produksi 57 miliar pasang sumpit sekali pakai di Cina. Kurangilah jumlah sampah barang sekali pakai dengan membawa sendiri peralatan makan Anda ke kantor. Kurangilah jumlah sampah dengan makan di tempat, bukan membungkus makan siang Anda. Atau, bungkus makanan dalam wadah yang dapat digunakan kembali jika Anda memang perlu melakukannya.
6.Tahukah Anda bahwa orang yang tinggal di Asia Pasifik rata-rata menghasilkan 4 metrik ton emisi CO2 per tahun? Kurangilah jejak karbon Anda dengan mengubah pola transportasi bekerja Anda. Gunakan transportasi umum ketimbang membawa mobil pribadi, atau berkendaralah bersama rekan-rekan Anda. Selalu pertimbangkan melakukan video-conference dibanding terbang ke negara-negara berbeda untuk bertemu dengan pelanggan, mitra, atau rekan kerja Anda.
7.Dibutuhkan sekitar 3 liter minyak dan 1 kg logam dan plastik untuk menghasilkan sebuah cartridge toner baru. Jadilah lebih hijau dengan mendaur ulang cartridge, di mana Anda dapat menghemat sekitar setengah dari minyak tersebut dan mencegah satu kilogram logam dan plastik dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir, yang membutuhkan setidaknya 1.000 tahun untuk terurai. 8.Tahukah Anda bahwa lampu LED bisa bertahan 10 kali lebih lama daripada lampu neon, dan jauh lebih lama daripada lampu pijar biasa? Pertimbangkan penggunaan pencahayaan hemat energi untuk kantor Anda.
9.Tahukah Anda bahwa lebih dari 10 miliar alat tulis dibuang di seluruh dunia setiap tahunnya? Bergabunglah dengan para pencinta lingkungan dengan hanya memilih pena dengan tinta isi ulang atau gunakan pena yang terbuat dari plastik biodegradasi.
10.  Banyak produk cairan pembersih, seperti sabun dan pembersih lantai, tidak ramah lingkungan dari sisi kemasan dan bahan biodegradasi. Mereka juga seringkali mengandung racun yang dapat menyebabkan iritasi mata, kulit dan pernapasan. Jadilah lebih hijau dengan mencoba penggunaan pembersih ramah lingkungan di kantor Anda!
Untuk itu, mainkanlah peran Anda dalam menciptakan dan mempromosikan kantor hijau! (TMA)
Sumber: http://www.gatra.com/

Tidak ada komentar: