Rabu, 11 September 2013

Air Mancur & Kolam Ikan Sebagai Terapi Kesehatan




Air Mancur & Kolam Ikan Sebagai Terapi Kesehatan



SUARA gemericik air yang dihasilkan air mancur mampu menghilangkan kepenatan, menenangkan Hati serta Pikiran. Elemen ini juga dikenal bisa menghadirkan keasrian dan kesegaran di dalam Rumah Serta taman.

Menikmati hijau taman di sore hari dengan secangkir teh atau bercengkerama bersama keluarga, rasanya belum afdol tanpa “ditemani” suara air. Saat ini menghias taman tidak harus selalu terpaku pada penerapan tanaman hijau saja. Unsur air pun dapat dimasukkan sebagai ornamen yang mampu menghidupkan suasana di taman Anda.

Tidak hanya terbatas sebagai tempat merelaksasikan diri, adanya kolam dengan air mancur di taman juga bisa dijadikan pendingin aliran udara yang masuk ke rumah. Selain itu, kolam dengan air mancur memiliki fungsi visual sebagai penghilang kejenuhan dan memberikan nilai estetika tersendiri. Namun, terkadang air mancur, terutama yang berbentuk tebing, memerlukan area cukup luas untuk membuatnya. Bagi Anda yang hanya memiliki lahan sempit, jangan langsung berkecil hati. Air mancur dengan gaya etnis Bali yang berukuran kecil bisa dijadikan pilihan yang pas.
Sama halnya dengan mendekorasi bagian interior rumah, dalam mendesain air terjun untuk taman Anda juga harus menentukan tata letak yang pas. Jangan sampai air terjun mengganggu fungsi dan tampilan taman.

“Air terjun di taman bisa saja diletakkan di depan atau di dalam rumah.Bisa juga diletakkan sendiri. Meletakkan air terjun tidak selalu harus berdekatan atau menyatu dengan taman. Untuk hunian bergaya minimalis, bisa menempatkan air terjun di area halaman depan rumah. Terlebih lagi saat ini sudah banyak model air terjun minimalis yang ditawarkan oleh para penjual tanaman. Jadi, Anda tidak perlu repot membuat pola air terjun sendiri.

“Saat ini hiasan taman seperti air mancur sudah memiliki banyak pilihan, seperti desain waterwall yang bisa diletakkan di bagian interior dan eksterior rumah. Selain itu, ada juga desain air mancur yang terbuat dari pahatan batu alam,”menggunakan dekorasi air mancur yang sudah tersedia memang sangat mudah dan Anda tidak perlu repot mencari bahan untuk membuatnya. Meski begitu,mungkin jenis air mancur ini tidak terlalu awet dan modelnya pun cenderung lebih banyak minimalis.“Keberadaan tanaman air di dalam pot ini untuk menjaga agar air di kolam tidak mudah keruh. Taburkan juga batu koral kecil di atas potnya untuk mencegah tanah larut dengan airHal berikutnya yang harus diperhatikan dalam membuat air mancur adalah sirkulasinya. Dengan sirkulasi yang baik, air mancur akan bertahan lebih lama dan selalu terjaga keindahan suara gemericiknya air yang seolah kita sedang di daerah pegunungan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat air mancur:

* Pergantian air harus dilakukan secara teratur. Jika tidak diganti secara teratur, maka air mancur akan kotor dan berwarna hijau karena tumbuhnya alga. Gunakan alga treatment yang aman untuk hewan.

* Pembersihan air mancur yang teratur akan membuat keindahannya tetap terjaga. Keringkan air mancur secara teratur dan bersihkan dengan cara menggosok. Air mancur yang tidak dibersihkan secara teratur dan dibiarkan terlalu lama kotor akan menyusahkan proses pembersihan selanjutnya serta menimbulkan bau amis.

Kreativitas desain taman dan pelengkapnya sangat mempengaruhi tampilan air mancur untuk menambah keindahan taman dan menarik perhatian bagi yang melihatnya. Selain itu, taman air mancur harus dibangun dengan fondasi yang kuat dan stabil pada tanah yang rata. Sebaiknya dapatkan bantuan tenaga professional sehingga air mancur dapat didisain dan dibangun dengan baik.

Tambahan furniture taman yang tahan cuaca akan membantu anda menikmati keindahan taman air mancur dengan santai dan tenang.

Taman dengan feature air lain seperti kolam air dan kolam ikan juga merupakan pilihan yang bagus untuk menambah keindahan taman dan menciptakan suasana nyaman dan tenang.


"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya siang dan malam terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal". (QS Ali Imran 3 : 190).

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah waktu duduk, berdiri, berbaring serta memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi, seraya berkata, "Ya Tuhan kami, yang Engkau ciptakan ini tiada sia-sia. Mahasuci Engkau, dan peliharalah kami dari azab api neraka". (QS Ali Imran 3 : 191).


Semoga Bermanfaat.
sumber: https://www.facebook.com/media/

Tidak ada komentar: