Selasa, 10 Juli 2012

Balekambang Solo

Taman yang terletak di Jl. Ahmad Yani (sekitar 0,5 km dari stadion Manahan) ini dulu bernama Partinah Bosch, dibangun oleh kerabat Mangkunegara. Kemudian dinamakan Balekambang karena di taman tersebut terdapat sebuah kolam ikan dan kotam renang yang di tengahnya terdapat rumah istirahat yang nyaman, dikelilingi kebun bunga yang sangat indah. 
Rumput yang hijau dan "TAMAN BALEKAMBANG"

Dari pintu masuk kita bisa melihat tulisan ini, tulisan ini sering untuk lokasi foto-foto dan dibelakangnya terdapat teater terbuka.

Sejarah
Taman Balekambang dibangun pada tahun 1921 oleh raja KGPAA Mangkunegara VII untuk para putri raja, GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta. Sekarang, patung kedua putri raja tersebut dapat kita saksikan di dalam area taman dengan luas sekitar 9,8 hektar ini. Taman Balekambang ini dibagi menjadi dua, yaitu Partini Tuin dan Partinah Bosch.
Pada tahun ’70-an sampai ’80-an, di Taman Balekambang terdapat gedung yang digunakan sebagai panggung pertunjukan Srimulat yang pada saat itu sedang mengalami masa kejayaan. Bahkan, taman ini juga sempat menjadi lokasi mesum sebelum direvitalisasi seperti sekarang.

Banyak pasangan yang pacaran di taman ini


Partinah Bosch atau Hutan Partinah
Partinah Bosch merupakan area kebun yang ditanami dengan berbagai tanaman dan pohon-pohon langka. Pohon-pohon tua nan raksasa di sini membuat pemandangan taman menjadi hijau, rindang, dan eksotis. Beberapa pengunjung tampak bersantai di kursi yang disediakan di area taman, duduk di rerumputan bersama keluarga/kekasih, dan beberapa tampak asyik bermain dengan ayam kalkun dan rusa yang dibiarkan lepas di taman

Hamparan rumput yang luas sering digunakan untuk pertunjukan-pertunjukan, anak-anak bisa berlarian.

Pohon-pohon yang sudah tua dan beberapa pohon langka
  
Patung-patung abstrak taman balekambang.

Pohon Kayu Putih taman Balekambang.



Gazebo Balekambang

Partini Tuin atau Taman Air Partini
Di lokasi ini terdapat kolam resapan yang luas dan berfungsi sebagai tempat penampungan air. Ada beberapa permainan wisata air yang dapat digunakan oleh para pengunjung untuk bersenang-senang dan tempat duduk unik berbentuk angsa di pinggir kolam untuk bersantai.

Patung Partinah di tengah kolam


Gedung Ketoprak

Teater terbuka, setiap bulan purnama ada Sendra tari Ramayana di malam hari. Seing untuk latihan berbagai kesenian.





Binatan Balekambang





Berbagai sumber

Tidak ada komentar: