Rabu, 21 Desember 2011

Kurangi Konflik Dalam Hubungan Kenalilah 4 Jenis Temperamen ini

Mengenal temperamen sendiri dan orang lain sangat penting, tujuannya adalah untuk dapat lebih memahami karakter orang lain, sehingga kita dapat menghindarkan diri dari kesalah pahaman serta mengurangi konflik.
Berikut penjelasan secara ringkas, 4 jenis temperamen manusia
I.TEMPERAMEN KOLERIK
  • Berani dan tebal muka.  Tidak takut dihukum.
  • Agresif. Mereka cenderung untuk memaksakan kehendak kepada orang lain.  Sering mereka terlibat dalam berbagai argumentasi dan sering dianggap keras kepala. Kaum kolerik tidak perduli apakah dia berada dipihak yang benar atau salah, yang penting dia dapat mengada-kan argumentasi.
  • Kurang sensitif. Jika mereka tidak dikuasai oleh Roh Kudus, sering mereka jadi kejam dan mengeluarkan kata-kata yang tajam.
  • Bersemangat. Mereka sering memberi banyak komentar karena meluap-luap dengan enersi dalam dirinya.  Jika itu dapat disalurkan dengan baik, maka hasil dapat menakjubkan, tetapi jika tidak angin topan akan bergerak.
II.TEMPERAMEN SANGUIN
  • Suka bergaul dan sosial. Mereka ini yang sebenarnya disebut  kaum “ekstrovert.”  Mereka suka bersahabat, tukang bicara dan segera memberi sambutan terhadap orang lain.  Secara umum mereka dapat membuat orang lain tidak merasa canggung atau asing.  Jadi pesta tanpa orang-orang sanguin akan cepat membosankan.
  • Mudah terganggu. Sering orang-orang sanguin seperti kenal betul dengan Anda, tetapi menit berikut dia akan lupa.  Pada acara-acara gereja, mereka yang lebih dulu berdiri  untuk panggilan penyerahan kepada Tuhan, namun, beberapa jam setelah itu, mereka akan melakukan dosa  yang paling besar jika mereka tergoda.  Mereka mudah tergoda dan tertipu oleh sesuatu object yang baru, atau kejadian, atau seseorang yang baru dikenalnya.
  • Mudah terganggu.  Sering anak pria yang sanguin kena marah orang bapaknya karena baru saja ia disuruh melakukan sesuatu, dalam waktu yang singkat, ia sudah melakukan perkara yang lain.  Kadang-kadang mereka ini dianggap pembangkan atau keras kepala.
  • Pikirannya terserak dimana-mana dan Tidak terorganisir. Wanita yang temperamennya sanguin sering kamarnya atau keadaan rumahnya berantakan.  Jika ia menjadi seorang manager, sering ia lupa akan yang detail sehingga perusahaan dapat mengalami kerugian karena kechilafan yang dia lakukan.
  • Periang dan Semangat.  Mereka adalah orang-orang yang kelihatan gembira dan espressif.  Pendeta/ustad yang sanguin adalah baik diangkat sebagai pembina rohani dirumah sakit karena ia akan membuat para pasien itu relaks dan terhibur.
III.TEMPERAMEN MELANKOLIk
  • Kreatif. Mereka sangat cekatan dibidang riset, lukisan atau  menggambar, pengarang, filsuf, dan lain-lain.  Mereka akan berhasil dibidang pekerjaan yang menuntut pikiran yang kreatif atau problem-solving.  Banyak dari  antara scientists /ilmuwan memiliki temperamen melankoli.
  • Emosionil dan Kuatir.  Mereka ini mempunyai banyak enersi emosi dan kekuatiran.  Itu sebabnya mereka cenderung bersuara keras.  Sistim syaraf mereka sering membuat mereka sangat emosional dan mudah marah  jika tersinggung atau ada yang menekan mereka.
  • Perfeksionis dan Kesadaran yang Tinggi.  Mereka sangat peka terhadap kata hati karena mereka memiliki standar yang tinggi.  Jika mereka tidak menurut kata hatinya, maka mereka akan mengalami rasa bersalah yang tinggi.  Karena itu mereka adalah para pekerja yang sangat baik dengan hasil pekerjaan yang teliti. Kadang-kadang standar yang mereka tentukan terlalu tinggi, sehingga jika tidak tercapai, mereka rasa bersalah.
  • Sensitif dan Moody. Orangnya sangat sensitif.  Biasanya  mereka tidak tahan dikritik dan mudah tersinggung jika merasa terhina.  Jika mereka tersinggung, agak sukar untuk menghilangkannya karena pikirannya telah melekat kesitu.  Hal ini dapat merusak pengalaman kekristenan mereka.
IV.TEMPERAMEN PLEGMATIK
  • Tenang dan Mudah bergaul.  Mereka ini adalah orang yang paling tenang dan terasa damai.  Mereka jarang melukai hati orang lain, atau membuat orang lain susah, atau menge-luarkan kata-kata yang kasar.  Mudah bergaul dengan mereka ini.  Mereka tahan banting dan tidak begitu ambisi untuk sesuatu pekerjaan atau cita-cita.
  • Bijak dan Diplomasi. Mereka adalah juru-damai yang baik. Mereka tidak suka melihat argumentasi atau perkelahian.  Mereka ini adalah calon diplomat gereja atau negara yang baik.  Mereka dapat mem-phkkan Anda tanpa ada rasa sakit hati.
  • Bland.  Mereka cenderung bergerak dan berbicara secara perlahan-lahan tetapi pasti.  Kelihatan seperti bermalas-malasan dan tidak berbuat apa-apa, walaupun mereka  sangat sibuk.  Pekerjaan mereka umumnya beres walaupun bossnya menganggap orang itu hanya tidur-tiduran.
  • Fleksibel. Mereka mudah mengadakan adaptasi dengan apa  saja dan siapa saja.  Mereka mudah menyesuaikan diri dengan siapa saja, dan tidak begitu sulit untuk merobah  jadwal kerja mereka untuk mengakomodasi perobahan atau pekerjaan yang baru.  Mereka ini jarang bersungut-sungut tentang kondisi mereka di rumah atau ditempat pekerjaan.
www.depan.org

Tidak ada komentar: