Jumat, 30 Maret 2012

MENUJU JALUR SUKSES

Tiap orang pasti ingin sukses dalam hidup, yang harus kita ingat sukses tidak datang dengan sendirinya. Paling tidak kesuksesan harus diupayakan. Disini disajikan 14 cara agar kita bisa meraih sukses.
1.    Semua Pekerjaan Penting
Agar anda tidak menunda-nunda pekerjaan, anggap semua pekerjaan anda penting. Dengan  begitu, anda akan mengerjakan semua tugas tersebut saat ini juga. Ingat, jangan sampai terlewat detail-detail yang perlu anda kerjakan. Pekerjaan yang penting biasanya juga sangat terkait dengan banyak orang. Terutama rekan kerja dan atasan. Bisa juga dikatakan mempengaruhi ’nasib’ orang lain, baik itu rakan kerja, atasan maupun klien anda. Jadi  dengan mengerjakan tepat waktu, berarti anda tidak mengecewakan orang lain. Bahkan, anda bisa membuat rekan kerja maupun klien merasa puat karena kepentingan mereka terpenuhi tepat pada waktunya.

2.    Kesempatan tak Datang dua kali
Kesempatan biasanya hanya datang sekali. Nasihat ini sebaiknya anda perhatikan. Pasalnya kesempatan baik biasanya sangat langka. Jadi, sekali kesempatan datang, segera sambarlah. Jangan ragu dan jangan sampai anda rugi karena mengabaikannya. Siapa tahu, pekerjaan yang harus anda kerjakan saat ini adalah langkah awal untuk mendapatkan penghargaan untuk peningkatan karier anda. Dengan pertimbangan bahwa kesempatan tidak datang dua kali, anda akan mengerjakan tugas anda saat ini juga. Namun, jangan pula mengabaikan kecermatan agar pekerjaan anda tetap OK.

3.    Menjaga Kepercayaan
Menjaga kepercayaan yang diberikan kepada anda memang gampang-gampang susah. Untuk membuktikan bahwa anda sanggup menjga kepercayaan yang diberikan rekan kerja, atasan, maupun lembaga, salah satunya adalah dengaan tidak menunda-nunda pekerjaan! Tugas yang harus diselesaikan hari ini, kerjakan hari ini juga. Dengan begitu orang lain akan melihat bahwa anda bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Juga anda akan selalu dipercaya, kepercayaan yang diberikan bisa jadi lebih besar.

4.    Efisiensi
Alasan lain kanapa anda harus mengerjakan tugas saat ini juga adalah efisiensi. Setiap lembaga pasti membutuhkan ’kata sakti’ itu. Andapun sudah seharusnya ikut andil menciptakan efisiensi, termasuk melalui tugas yang harus anda kerjakan ’saat ini juga’. Semakin singkat waktu yang anda perlukan untuk menyelesaiakn suatu tugas, banyak banyak hal yang anda bisa peroleh. Misalnya, kepuasan mitra kerja. Dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Berarti anda mempunyai andil menciptakan efisiensi lembaga ini.

5.    Ritme Kerja
Tidak menunda-nunda pekerjaan juga bisa memperlancar ritme kerja anda, sehingga anda akan lebih mampu menghasilkan kenerja yang optimal. Nah jika ini menjadi dasar pikiran anda, tnetu anda tak bakal menunda-nunda pekerjaan, dengan mematuhi ritme kerja, pekerjaan juga tidak akan menumpuk. Anda juga enjoy dan jauh dari stress yang tidak perlu. Jadi tugas hari ini, kerjakan hari ini juga. Jangan biarkan ritme kerja anda kacau. Disamping merugikan diri sendiri, rekan kerjapun akan terganggu.

6.    Mengurangi masalah
Mengerjakan tugas sesuai waktunya, juga akan mengurangi masalah. Pasalnya, bisa saja terjadi, dengan menunda pekerjaan, masalah baru akan muncul. Anda pasti tidak mengharapkan hal ini terjadi, bukan? Bisa saja clien kita mengeluh, rekan kerja marah-marah, dan anda makin stress. Untuk itu, hindarilah situasi-situasi sulit baru, kerjakan tugas anda saat ini juga bila memang harus selesai saat ini. Kurangi masalah agar anda mulus memasuki jalur sukses karier anda.

7.    Ketenangan
Tidak menunda-nunda pekerjaan juga akan membuat anda tenang. Anda tidak lagi dibebani pekerjaan yang telah anda selesaikan atau kerjaan saat ini juga. Ketenangan anda. Akan membuat ide, pemikiran, sehingga rencana ke depan akan semakin facus. Bahkan anda mampu menciptkan kinerja yang luar biasa buat diri anda, rekan kerja dan lembaga. Jadi banunlah ketenangan diri dengan mengerjakan tugas saat ini juga. Jadi jangan tunda-tunda lagi.

8.    Menunjukkan kualitas diri
Kualitas Anda dapat dilihat dari cara anda menyelesaikan tugas. Apakah anda suk menunda pekerjaan atau mengerjakan sesuai target menjadi cermin, seberapa kualitas anda. Jika anda ‘menenlantarkan’ tugas yang harus diselesaikan saat ini, bisa jadi kualitas anda akan dipandang sebelah mata. Mengabaikan waktu bisa berakibat kurang baik, misalnya pada ritme kerja. Jadi tunjukkan kualitas diri anda dengan mengerjakan tugas tepat waktu. Tugas saat ini, selesaikan saat ini pula.

9.    Menghargai ’Deadline’
Bekerja tepat waktu, berarti anda menghargai ‘deadline’ anda maupun ‘ dealine’ lembaga. Akibat yang ditimbulkan bila anda melanggar ‘ deadline’ bisa bermacam-macam. Dari tumpukan pekerjaan, kinerja tim terganggu, bahkan seringkali kinerja anda akan dikeluhkan oleh para mitra kerja lembaga. Jadi jagalah ritme dan kekompakan tim, dengan mengerjakan tugas tepat waktu. Hargai ’deadline’ agar anda enjoy dan kinerja lembaga semakin ok.

10.    Prioritas Utama
Bila pekerjaan anda termasuk yang diprioritaskan, jangan ditunda pekerjaannya. Apalagi tugas yang bisa menarik minat mitra kerja lembaga. Jangan sampai anda terpancing untuk menunda-nundanya. Meski sulit, tetap usahakan dikerjaan ‘saat ini juga’.

11.    Kebanggaan
Suatu kebanggaan bila anda bisa mengerjakan tugas tepat pada waktunya. Anda juga akan lebih menghargai diri anda. Andapun akan lebih menyadari bahwa diri anda adalah orang yang peduli dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Untuk itu, anda patut berbangga diri. Tapi tentu bukan kebanggaan yang menjerumuskan, lho. Jadi, kerjakan tugas anda saat ini jugam jangan ditunda. Kebanggaan pada diri akan membuat rasa percaya diri terjaga.

12.    Persembahan
Pekerjaan anda adalah karunia. Bayangkan, bila anda tidak memiliki aktivitas. Mungkin anda bengong, dan selalu bertanya, ‘bermaknakah hidupku ini?’ timbal balik dari karunia yang anda terima, kerjakan tugas dengan baik. Anggaplah pekerjaan anda sebagai suatu persembahan kepada diri sendiri, rekan kerja, dan lembaga. Nah, salah satu wujud persembahan itu adalah dengan tidak menunda-nunda pekerjaan. Kerjakan pekerjaan dengan cepat, tepat serta cermat. Apa yang harus anda kerjakan saat ini, kerjakan saat ini juga. Dengan selalu menganggap bahwa pekerjaan anda adalah persembahan terbaik anda, kecil kemungkinan anda akan mengabaikan tugas yang anda terima. Akibat positipnya, anda akan mengerjakan semua tugas dengan sungguh-sungguh.

13.    Pelayanan ’Client’ / Mitra kerja
Yang perlu selalu anda sadari bahwa lingkungan birokrasi tempat anda bekerja merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan dunia bisnis. Di dunia bisnis manapun, pelayanan kepada client/ mitra kerja merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Karena itu, kerjakan segera semua hala yang berhubungan dengan client/ mitra kerja. Ingat, mitra kerja/ client kita adalah ’ raja’ ( yang bisa mengangkat dan menjatuhkan citra dan kredibilitas lembaga), yang tidak mau bersabar menunggu anda bekerja ’berlama-lama’. Mereka tentu juga tak mau membuang waktu dan biaya percuma. Jadi, jangan kecewakan mereka. Layani mitra kerja dengan sebaik-baiknya melalui kinerja anda, yakni menyelesaikan pekerjaan saat ini juga

14.    Cermin untuk sukses
Hal terakhir yang perlu anda ingat, apapun yang anda lakukan, jadikan sebagai ‘cermin’ untuk sukses. Dengan demikian, anda tidak akan pernah berpikir untuk mengabaikan pekerjaan. Selain itu, anda juga akan lebih terfakus untuk mengerjakan tugas saat ini dengan sebaik-baiknya. Anda tidak akan menunda-nunda pekerjaan dan selalu mengerjakan pekerjaan hari ini dengan semangat hari ini juga, hasilnya akan anda nikmati di masa mendatang.
 "Selamat menerapkannya, buktikan dan nikmati hasilnya"
Sumber; info mutu – Departemen Pertanian

Tidak ada komentar: