Selasa, 04 September 2012

Cara Mengobati Berbagai Gigitan Serangga


Digigit nyamuk bukan masalah besar bagi kita. Namun bagaimana jika yang menggigit adalah tawon, laba-laba, atau ular?


Lebah – Tindakan pertama yang harus dilakukan ketika disengat lebah adalah mencabut sengatnya dengan segera, yang akan meminimalkan kekuatan sengatan tersebut. Jika Anda mengalami reaksi alergi seperti pembengkakan, maka berobat ke dokter sesegera mungkin. Kasus yang ekstrem dapat menyebabkan masalah sulit bernapas yang parah, jika hal itu terjadi segera panggil ambulans.

Nyamuk – Meski menyebalkan, gigitan nyamuk biasanya tidak menyebabkan masalah serius (kecuali demam berdarah atau malaria). Pengobatan terhadap gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan salep untuk mengurangi rasa gatal. Anda juga dapat menggunakan obat alami seperti cuka, yang dalam studi di “Journal of Entomological” juga terbukti berfungsi sebagai sebuah penolak serangga.

Tawon – Musuh nomor satu publik selama musim panas, sengatan tawon sangat menyakitkan dan paling sering menyebabkan reaksi alergi. Sengatan harus diatasi dengan menggunakan es atau antihistamin untuk mengurangi pembengkakan dan rasa gatal. Jika muncul alergi, Anda harus pergi ke dokter, atau bahkan dalam kasus serius perlu memanggil ambulans.

Laba-laba – Meskipun membuat banyak orang ketakutan, hanya sebagian kecil laba-laba yang Anda temui yang bisa menggigit, dan bahkan sangat sedikit yang berbahaya (kecuali jika Anda berada di hutan belantara). Jika digigit salah satu laba-laba langka yang berbahaya, Anda mungkin akan mengalami pembengkakan, pusing, atau bahkan muntah. Jika tanda-tanda itu terjadi, segeralah  segera pergi ke rumah sakit.

Semut – Gigitan semut dapat menjadi sebuah gangguan serius. Jika ini terjadi pada Anda, maka Anda harus membersihkan daerah yang terkena gigitan. Anda dapat menggunakan obat yang dapat dibuat sendiri, dengan mencampurkan baking soda dan air untuk membuat salep penghilang gatal.

Ubur-ubur 
– Liburan di pantai akan sangat menyebalkan jika terkena sengatan ubur-ubur. Air kencing hanya memiliki sedikit efek atau bahkan sama sekali tidak berfungsi untuk mengatasi sengatan ubur-ubur, jadi sebaiknya hindari melakukannya. Palang Merah Inggris menyarankan untuk mengobati sengatan dengan menuangkan air laut atau cuka di atas luka sengatan secara perlahan.

Oleh Yahoo! SHE 

Tidak ada komentar: