Rabu, 05 September 2012

6 Cara Mencegah Datangnya Serangga

Cuaca hangat menyebabkan keluarnya sejumlah serangga yang menggigit, menyengat, dan umumnya mengganggu. Berikut ini cara agar mereka tidak merusak musim panas Anda.


Obat penolak serangga – Terdapat beragam obat penolak serangga yang menggunakan bahan aktif yang berbeda. NHS merekomendasikan untuk memilih penolak serangga yang mengandung DEET (diethyltoluamide) terutama di daerah yang rawan malaria. 

Saat menggunakan penolak serangga pastikan untuk menghindari luka dan goresan yang terdapat pada kulit Anda, oleskan hanya pada bagian yang rawan terkena sengatan saja. Saat menggunakan pengusir serangga di bagian wajah, semprotkan sedikit ke tangan kemudian usapkan pada wajah, hindari bagian mata, lubang hidung dan mulut. Jika Anda mengkhawatirkan penggunaan bahan kimia kuat, terdapat banyak alternatif alami, meskipun DEET lebih ampuh.

Tetap tenang – Tidak ada orang yang senang melihat serangga merangkak atau terbang di sekitarnya, namun hal terburuk yang Anda lakukan adalah berusaha memukul mereka dengan menepukkan tangan. Serangga dapat menjadi agresif dan ketakutan saat melihat gerakan tiba-tiba dan cepat tersebut, dan hal itu justru akan meningkatkan risiko Anda terkena gigitan atau sengatan. Sebaliknya, cobalah untuk berlaku setenang mungkin kemudian perlahan berjalan menjauh dari daerah itu.

Jangan mengundang mereka
 – Serangga akan jauh lebih sulit untuk masuk ke dalam rumah jika tidak ada jalan masuk. Jika Anda memang perlu membuka jendela karena cuaca panas, pasanglah jaring agar mencegah masuknya sebagian besar serangga dari luar.

Menutupi makanan – Setiap orang ingin menikmati piknik musim panas, tidak terkecuali serangga. Jika Anda makan di luar ruangan, pastikan bahwa semuanya tertutup dengan baik. Hal ini sangat penting untuk dilakukan hingga akhir musim panas saat lebah lebih sering mengganggu. Hal itu terjadi karena umumnya mereka mengakhiri siklus perkembangbiakan pada akhir musim panas, jadi mereka bebas untuk terbang dan membuat hidup kita sengsara.

Nyalakan lilin serai – Para peneliti di University of Guelph di Ontario menemukan bahwa minyak serai secara alami berfungsi sebagai penolak serangga, dengan penurunan empat puluh dua persen gigitan nyamuk di sekitar lilin serai. Anda dapat membeli gelang yang telah diserapi minyak serai, yang memiliki fungsi sama.

Pakaian – Salah satu mitos paling umum mengenai sengatan adalah pakaian berwarna terang mengundang serangga. Penelitian yang dilakukan di Tulane University di New Orleans membuktikan, mitos tersebut tidak benar.
Oleh Yahoo! SHE

Tidak ada komentar: