News

Monday, July 9, 2012

Kelelawar


Kelelawar memiliki keunikan dan keistimewaan dibanding hewan lain, yakni memiliki indra penciuman, pendengaran dan penglihatan yang tajam.
Dari kelebihan kelelawar dapat menemukan makanan, menentukan arah terbang dan bahkan bisa menghindari tabrakan.
Kelelawar adalah mamalia atau hewan menyusui yang dapat terbang berasal dari ordo chiroptera dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap.
Secara fisik ciri yang mudah dikenali dari kelelawar adalah tubuhnya pendek berbulu dan memiliki langan kuat untuk menopang sayapnya yang besar dan lebar.
Kelelawar mengandalkan cakarnya yang kuat untuk bergantung terbalik di pohon maupun langit gua bahkan ketika tidur sekali pun karena kakinya tidak berkembang secara sempurna.
Sementara sayapnya yang berupa lapisan kulit tipis terentang lebar sering digunakan sebagai selimut untuk membungkus tubuhnya sehingga tahan terhadap udara dingin.
Hewan bersayap hitam ini termasuk hewan noktural atau hewan yang aktif pada malam hari dan tidur di siang hari. Kemampuan lain juga dimiliki hewan bersayap ini adalah ekolokasi atau mendeteksi gema sehingga mudah menentukan di mana letak, jarak dan ukuran benda maupun mangsanya dalam waktu singkat.
Kemampuan ini juga membuat kelelawar bisa menghindari tabrakan dengan benda lain berkat pantulan gelombang bunyi.
Dilihat dari makanannya, kelelawar dapat dibedakan beberapa jenis di antaranya pemakan buah,  pemakan ikan, pemakan katak hingga kelelawar penghisap darah yang hidup di gua lembap dan gelap disebut kelelawar vampire, yang hanya hidup di daerah tropis di benua Amerika.
(Berbagai Sumber)

Baca juga:
Kelelawar merayu dengan suara.

No comments: