Jumat, 29 Juni 2012

Obesitas


Obesitas atau kelebihan berat badan nampaknya menjadi masalah kesehatan yang perlu diperhatikan oleh setiap kita. Obesitas menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya komplikasi berbagai penyakit serius seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi dan jantung koroner. Kita akan mempelajari lebih lagi mengenai penyebah dan cara mencegah obesitas.
Penyebab obesitas:
Obesitas disebabkan oleh berbagai faktor antara lain:
ü  Faktor Genetik: penelitian menyebutkan bahwa faktor genetik mempengaruhi 33% terhadap berat badan seseorang
ü  Faktor psikis: fluktuasi emosi sangat mempengaruhi pola dan kebiasaan makan seseorang sehingga perlu juga diperhatikan kestabilan emosi.
ü  Faktor lingkungan: aktivitas seseorang dan pola makan memegang peranan yang penting. Bila faktor genetik tidak dapat diubah, maka faktro lingkungan sangat mungkin diubah.
Cara mencegah obesitas:
1.       Minum air putih
Tahukah kita bahwa empat kaleng soda perminggu bisa membuat berat badan naik 0,5 kg? Karena itu, kurangilah minum soda dan perbanyak minum air putih. Air putih membantu melarutkan lemak dalam tubuh.
2.       Makan serat
Serat dari buah dan sayuran sangatlah baik untuk melapisi dinding usus sehingga kita akan lebih mudah cepat merasa kenyang dari buah dan sayuran.
3.       Hindari camilan
Tahukan kita bahwa gula yang terkandung dalam keripik kentang jauh lebih besar dari gula yang terkandung sepiring nasi! Karena itu, hindari mengonsumsi camilan padat kolori
4.       Terus bergerak
Kebiasaan hidup praktis terkadang membuat kita malas bergerak. Padahal bergerak sangatlah penting. Kebiasaan kecil seperti manggunakan tangga daripada lift saat di kantor atau bersepeda ke kantor ( bike to work) sangat efektif untuk mencegah obesitas.

Berbagai Sumber

Baca  juga:

10 Langkah Hidup Lebih Sehat

Tidak ada komentar: