Jumat, 18 Mei 2012

Fakta tentang jus Buah


Fakta tentang jus Buah
Jus buah mungkin menjadi salah satu menu favorit di keluarga kita. Memang tak bisa dipungkiri manfaat dari minuman yang satu ini. Namun ada beberapa hal yang perlu kita tahu agar manfaat jus yang kita minum lebih optimal.



Jus bukan pengganti makanan
Kuran tepat bila saat sarapan, makan siang dan makan malam kita hanya mengkonsumsi jus, meskipun kita sedang diet. Buah-buahan tidak dapat memenuhi 1800 kkal jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh karena itu kita memerlukan asupan makanan yang lain. Minum jus tidak mengurangi lemak, hanya mengurangi air dalam tubuh.

Hindari jus asam dipagi hari
Agar terhindar dari sakit perut, hindari jus yang terbuat dari buah-buahan asam. Pisang, wortel, apel atau pepaya adalah pilihan buah yang tepat untuk jus di pagi hari.

Sumber serat bagi tubuh
Apakah kita terbiasa menyaring jus setelah di blender? Ampas dari jus yang di blender kaya akan serat dan vitamin C, karena itu ada baiknya bila kita tidak memisahkan ampas dengan air jus agar kita tidak kehilangan manfaat dari ampas jus tersebut.



Jangan simpas jus terlalu lama
Jus yang tidak segera diminum akan berkurang manfaatnya karena vitamin yang ada dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita

Tetap konsumsi buah
Dengan mengonsumsi jus bukan berarti kita tidak perlu mengonsumsi buah. Kita tetap perlu mengonsumsi buah segar karena bermanfaat bagi lambung, pada saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal.
Sumber: Berbagai Sumber

Jus Buah Segarkan Wajah


UDARA kota yang tercemar bermacam polutan memiliki potensi merusak kulit wajah, dan membuat wajah terlihat makin kusam menua.
Kini, tak perlu rutin ke  salon untuk merawat wajah agar tampil cerah berseri, dan bebas dari noda. Salah satu cara sederhana adalah merawat kulit wajah dengan masker jus buah.
Jus Kiwi
Buah Kiwi dipercaya mencegah kulit mengering. Buat jus dari buah kiwi, ambil satu sendok makan lalu campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun dan satu buah kuning telur.
Aduk semua bahan secara merata. Lalu baurkan menyeluruh pada wajah, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.
Untuk membersihkan sisa jus kiwi yang menempel pada wajah, pakailah spons berbahan lembut. Kandungan pada jus kiwi dipercaya akan menstimulasi aliran darah sehingga menenangkan wajah dan membuat teksturnya kenyal dan lembut.
Selain itu, kandungan vit E nya efektif menyempitkan pori-pori, mengurangi minyak berlebih di wajah dan menyamarkan noda hitam.
Jus Lemon
Masker jus lemon terbukti mampu mengurangi kandungan minyak di wajah, demikian diungkapkan Kimberly Snyder,C.N., penulis buku The Beauty Detox Solution.
Campurkan jus lemon dengan madu dan susu dingin, lalu aduk hingga rata. Usapkan ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.

Jus Jeruk
Ingin kulit Anda tampak cerah meremaja? Cobalah masker dari buah jeruk. Oleskan sari jeruk di seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan hingga jus mengering di wajah, lalu bilas dengan air dingin.
Selain mengandung vitamin C, jeruk juga kaya kandungan folat dan beta karoten. Sementara, potasium, magnesium serta beberapa jenis vit B yang terkandung di dalam jeruk dipercaya ampuh menjaga keremajaan kulit.
Jus Pisang
Lumatkan satu buah pisang berukuran kecil dan campur dengan dua sendok makan oat, dan tambahkan sedikit air. Aduk hingga semua campuran mengental.
Balurkan makser pisang pada wajah dan biarkan mengering selama 20 menit. Untuk membersihkannya, hapus masker dengan kapas dan bilas dengan air hangat.
Tak sekedar kulit tampak bersih dan lembut kenyal, wajah juga terhindar dari penuaan dini.
Jus Labu
Labu ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vit A dalam bentuk retinol, serta vit C, beta carotene dan asam salisilat alami dalam labu dipercaya dapat melembabkan kulit dan sebagai peel yang efektif.
Buatah jus labu atau puree labu, dan ambil sebanyak dua sendok teh. Campurkan dengan madu dan susu, masing-masing sebanyak satu sendok teh.
Tambahkan juga dengan sedikit bubuk kayu manis, campur semua bahan lalu aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan. Biarkan mengering selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air dingin.
(Maya/CN19http://www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar: